,

Resep Martabak San Fransisco Enak, Murah, dan Kulit Tipis

Resep Martabak San Fransisco, Martabak merupakan salah satu makanan yang banyak digemari karena rasanya yang lezat. Terdapat dua macam martabak yakni martabak manis dan martabak asin. Martabak manis sering pula disebut dengan terang bulan di banyak tempat. Karena memang bentuknya yang bulat saat dipanggang dan warnanya yang cerah kekuningan. Terdapat banyak jenis martabak manis ini salah satunya ialah martabak san fransisco. Resep martabak san fransisco ini mulai muncul di Kota Bandung pada tahun 1967. Martabak ini sudah tentu sangat digemari warga bukan hanya namanya yang unik tetapi juga karena rasanya yang sungguh lezat dan nikmat saat disajikan hangat. Namun, perlu anda ketahui bahwa martabak ini bukanlah jenis martabak yang benar-benar berasal dari san fransisco nan jauh di sana.



Selain martabak manis, ternyata saat ini martabak san fransisco hadir dengan varian martabak asin. Martabak asin yang dijual terbagi dalam beberapa jenis seperti martabak biasa, martabak spesial dengan telur bebek ataupun telur ayam, martabak medium dengan ukuran sedang, serta martabak dengan kulit super tipis yang saat ini menjadi primadona karena teksturnya lebih renyah. Resep martabak san fransisco ini sangat mudah untuk dipraktekkan terutama untuk martabak manisnya. Karena isi martabak manis yang beraneka macam seperti cokelat, keju, kacang, blueberry, tiramisu, maupun oreo. Bahan utama untuk membuat martabak ini adalah terigu dengan protein sedang, gula pasir, telur, margarin, soda kue, dan air matang.










Cara mempraktekkan resep martabak san fransisco ini tidaklah sulit, asalkan bahan-bahan yang digunakan tepat pada takaran. Martabak san fransisco ini terbuat dari :
  1. sebutir telur ayam, 
  2. 40 gram gula pasir, 
  3. 300 cc air, 2 gram garam, 
  4. ¼ sendok teh vanila, 
  5. 2 gram soda kue, 
  6. 2 gram baking powder, dan 
  7. 100 gram untuk tepung terigu protein sedang ditambah dengan 100 gram tepung terigu protein sedang.

 Cara membuatnya mudah langkah :

  1. Pertama adalah mengocok telur dan mencampurnya dengan garam, gula, dan air, lalu campurkan dengan semua bahan. 
  2. Aduk hingga merata lalu simpan selama 2 jam. 
  3. Panaskan cetakan lalu tuang adonan dan masak hingga matang. 
  4. Setelah matang, martabak san fransisco ini siap untuk dihidangkan dengan beraneka toping.